Moving Words - http://www.quakemaker.com

Jumat, 01 Februari 2013

Pembuatan Model Data & Desain Database




1.    Ruang lingkup dan proses desain database!
Database yang baik adalah database yang dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kehendak user (pengguna). Maka dari itu perlu adanya proses desain database yaitu proses memilah dan memilih data-data yang memang dibutuhkan oleh sistem, alhasil informasi yang diberikan sesuai dengan kehendak pengguna. Istilah desain database dapat dipergunakan untuk memvisualisasikan bagian-bagian yang berbeda dari keseluruhan sistem database.


Dalam melakukan proses desain database terdapat beberapa langkah yang harus   
      dijalani, yaitu :
 


  1. Analisis Persyaratan : memahami dan mengetahui data yang harus disimpan dalam database, aplikasi apa yang harus dibangun di atasnya, jenis operasi apa yang akan digunakan, dst.
  2. Desain Data Base Konseptual : berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis persyaratan inilah dipergunakan untuk mengembangkan deskripsi data menjadi lebih tinggi. Pada langkah ini desainer sering membuat yang anmanya model E-R yang tujuan untuk membuat penyederhanaan gambaran tentang data yang sesuai dengan pemikiran user / pengguna.
  3. Desain Data Base Logika : disinilah proses merubah model E-R skema database yang rasional. Dengan tujuan untuk mendapatkan skema konseptual pada data rasional sehingga sering disebut skema logika.
  4. Perbaikan Skema : pengecekan sekumpulan relasi dalam skema sebelumnya (skema database rasional), supaya dapat menemukan problem yang ada dan memperbaikinya.
  5. Desain Data Base Fisik : pembentukan indeks pada beberapa tabel yang telah dibuatlah pada tahap ini dikerjakan. mengelompokkan tabel atau mendesain ulang yang bersifat substansial terhadap bagian dari skema database.
  6. Desain Aplikasi dan Keamanan : Keseluruhan proyek software yang menggunakan DBMS sebaiknya memperhitungkan faktor-faktor aplikasi yang ada diluar database, seperti enkripsi, digital sinature, dll.

    2.    Diagram hubungan entitas (ERD)


    Diagram hubungan entitas atau entity relation diagram merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpanan. Model data sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk mendepskripsikan data yang hubungannya satu sama lain, semantiknya serta batasan konsistensi. Model data terdiri dari model hubungan entitas dan model relational . Diagram hubungan entitas ditemukan oleh Peter Chen dalam buku Entity Ralational Model-Toward a Unified of Data/ Chen mencoba merumuskan dasar - dasar model dan setelah itu dikembangkan dan dimodifikasi oleh Chen dan banyak pakar lainnya. Pada saat itu diagram hubungan entitas dibuat sebagai bagian dari perangkat lunak yang juga merupakan modifikasi khusus karena tidak ada bentuk tunggal dan standar dari diagram hunungan entitas.


    3.  Diagram REA ( Resources Event Agent Diagram)

    Model data REA :
    model data yang digunakan untuk mendesain database secara konseptual dengan cara mengidentifikasikan entitas apa saja yang seharusnya dimasukkan kedalam database dan menentukan bagaimana membuat struktur antar entitas dalam database tersebut.
    Jenis-jenis entitas :
    1.R = Resources(sumber daya)



    adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi.
    2. E = Event(kegiatan)
    adalah berbagai aktivitas bisnis yang dilakukan yang informasinya ingin dikumpulkan perush untuk tujuan perencanaan dan pengendalian
    3. A = Agent(pelaku)
    adalah orang-orang yangn terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin didapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian dan evaluasi.
    Di dalam kegiatan terdapat dua kategori hubungan yaitu:
    a.Dualitas ekonomi (pertukaran ekonomi) :

    hubungan kegiatan yang jika perusahaan ingin memperoleh suatu sumberdaya maka harus memberi sumberdaya yang lain dan sebaliknya.
    b. Komitmen :
    janji yang diberikan perusahaan kepada pihak lain untuk melakukan pertukaran ekonomi dimasa datang. 

    Diagram REA :
    adalah diagram E-R yang menggambarkan entitas sumber daya, kegiatan dan pelaku dan menunjukkan hubungan antar entitas-entitas tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar