Moving Words - http://www.quakemaker.com

Minggu, 03 April 2011

SEANDAINYA SAYA MENJADI PEMIMPIN PEERUSAHAAN ATAU ORGANISASI


Sebagian kita adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Jika anda punya satu orang anggota saja, maka anda adalah seorang pemimpin. Dalam buku yang amat terkenal, mengembangkan kepemimpinan Di Dalam Diri Anda, John C.Maxwell barkata, “Mengubah pemimpin berarti menguah organisasi. Menumbuhkan pemimpin, menumbuhkan organisasi”, Artinya ?
          Perusahaan atau organisasi tidak akan berubah dan tidak akan berjalan ke arah yang dicita-citakan, apabila para pemimpinnya sendiri, di bagian apapun, tidak berubah dan tidak tumbuh. Sebuah organisasi tidak bisa tumuh di luar sampai para pemimpinnya sendiri tumbuh di dalam.
          Jika seluruh unit kepemimpinan berubah secara positif, maka pertumbuhan organisasi atau perusahaan akan terjadi secara otomatis. Pemimpin yang lemah sama dengan organisasi yang lemah. Pemimpin yang kuat sama dengan organisasi yang kuat. Segala-galanya akan naik turun, sesuai dengan kekuatan kepemimpinan.Teman-teman mungkin juga bisa sepakat bahwa perbedaan antara perusahaan yang baik dengan perusahaan yang hebat juga adalah kepemimpinan. Apakah anda bersedia jadi pemimpin yang hebat???
          Syaratnya, mau berubah ! apa ada pemimpin yang menolak perubahaan?? Banyak...! Perlawanan terhadap perubahaan adalah suatu yang universal sifatnya, menyerang semua kelas dan budaya. Sekalipun sudah di tunjukkan berbagai fakta kebenaran dan bukti nyata, tetapi tetap saja banyak pemimpin yang tidak maw mengubah sikap dan pikirannya.
           Tapi terkadang ada pula sebagian pemimpin kita yang mungkin berprilaku seperti Lucy dalam kartun “peanuts”. Sambil menyandar ke pagar ia berkata pada Charlie Brown, “Saya ingin mengubah dunia”. Charlie bertanya, “Dari mana kamu akan memulainya”. Lucy menjawab. “ Saya akan mulai dengan kamu!!”.
          Para pemimpin yang ada di seluruh perusahaan dimanapun ia berada, harus mampu menjadi motor perubahaan. “mereka harus menjadi termostar dari pada termometer, “kata Maxwll, dalam bukunya Mengembangkan Kepemimpinan Di sekeliling Anda.
          Apa bedanya? Kedua alat ini memang sama-sama bisa mengukur panas, tapi ada bedanya. Termometer bersifat pasif. Ia hanya mencatat suhu lingkungan tetapi tidak bisa melakukan apapun untuk menguah lingkungan. Termostat adalah alat yang aktif. Alat ini meentukan akan menjadi apa sebuah lingkungan. Termostat mempengaruhi perubahan seupa bisa menciptakan iklim. Pemimpin yang baik, mampu menjadi motor perusahaan yang menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan cita-cita perusahaan.
          Apa yang pertama dan utama sekali diubah para pemimpin, sehingga ia mampu menciptakan suasana yang akan mendorong oarang lain ikut berubah?
Maxwell, mengajarkan :
Pertama, pemimpin harus mengembangkan kepercayaan dengan orang lain. Kalau anggota tim percaya kepada pemimpin, itu sudah lumayan heat. Akan tetapi jauh lebih hebat lagi jika justru pemimpin yang persaya kepada para anggotanya. Bila benar-benar terjadi, kepercayaan adalah hasilnya, maka semua pun akan menikuti.
          Kedua, pemimpin harus membuat perubahan pribadi pada dirinya sendiri, sebelum meminta orang lain berubah. Para pemimpin sukses bukan hanya mengatakan apa yang harus dilakukan, mereka memperlihatkannya! Orang meniru apa yang mereka lihat dari sang pemimpin. Apa yang dihargainya akan dihargai pula oleh anak buahnya.Tujuan pemimpin menjadi tujuan mereka.
          Ketiga, perlihatkan kepada tim anda agaimana perubahan itu sebernarnya akan sangat menguntungkan bagi mereka. Sebab perubahan yang kita lakukan saat ini adalah jalan terbaik bagi seluruh pihak, demi masa depan semua orang, bukan bagi anda sebagai pemimpinnya. Kepentingan orang banyak itulah yang harus didahulukan.
          Keempat, beri mereka andil kepemilikan atas perubahan itu. Kalau orang kurang ikut memiliki suatu gagasan, mereka biasanya menentangnya, bahkan seandainnya pun gagasan itu sebetulnya untuk kepentingan mereka yang terbaik! Pemimpin yang bijaksana memungkinnkan pengikut bisa memberikan masukan dan menjadi bagian dari proses peruahan. Tanpa rasa memiliki ini, perubahan hanya akan berjangka pendek. Mengubah kebiasaan dan cara berfikir orang banyak seperti menulis perintah di atas salju dalam badai. Setiap 20menit perintah harus ditulis kembali, kecuali kalau kepemilikan diberikan bersama dengan perintah.
          Mungkin hanya itu saja yang bisa saya ceritakan jika seandainya saya ini memimpin suatu perusahaan atau organisasi. Mungkin masih jauh dari sempurna tetapi kita harus bikin semua itu menjadi sempurna, karena saya yakin peruahan yang baik itu akan pasti kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar